Jantung Sebuah Produk dalam Marketplace

Jantung Sebuah Produk dalam Marketplace
ilustrasi Jantung Sebuah Produk dalam Marketplace
Peran Jantung pada manusia adalah untuk membuat manusia tersebut tetap memiliki nyawa, lalu apa peran Jantung Sebuah Produk dalam marketplace ?, Bagi saya ini sangat penting untuk temen-temen pahami karena ini sangat vital sekali jika temen-temen salah sedikit saja maka produk akan kehilangan nyawa. Yuk kita simak bagian-bagian jantungnya.

MEMBUAT JUDUL PRODUK
Yah, yang akan saya bahas tentang Jantung sebuah produk ialah JUDUL atau penamaan barang yang akan kita jual, saya ambil contoh misalkan produk yang akan saya jual adalah Pancing maka nama Pancing tersebut adalah Jantung dari sebuah Poduk, kenapa ?, 

Jika temen-temen jual produk Pancing namun yang temen-temen ketik judul produknya Panci, maka  yang akan keluar dalam pencarian adalah Panci, jika hal ini terjadi maka produk pancing temen-temen sampai kapanpun tidak akan ditemukan oleh calon pembeli.Oleh karena itu sebelum temen-temen menjual produk, cobalah posisikan temen-temen sebagai pembeli yang ingin mencari produk.

Contoh Urutan Logika Algoritma Pembeli ( sebagai pembeli )
1. Buka Aplikasi lalu
2. Klik kolom pencarian barang kemudian
3. Mengetik Nama Produk 
4. Lihat Barang

Mengetik Nama Produk diurutan ketiga pada logika diatas adalah momen dimana pembeli akan menemukan produk yang kita jual , jadi meskipun Foto produknya bagus pake lighting, pake bingkai, paka warna-warna mencolok tapi judul produknya salah, maka produk tidak akan pernah dilihat oleh minat orang pembeli. jadi, yang paling penting adalah temen-temen dapat memahami penamaan sebuah produk  yang dijual.

Lalu cara membuat judul produknya bagaimana ?

Seperti yang saya bilang, posisikan temen-temen sebagai calon pembeli yang ingin mencari produk, contoh lagi misalkan saya ingin mencari Alat untuk mengusir nyamuk, maka yang saya ketik dalam kolom pencarian adalah Alat Pengusir Nyamuk

Alat Pengusir Nyamuk lah yang dijadikan sebagai Judul Produk, jangan lupa tambahkan kata-kata lain misalkan alat tersebut juga bisa mengusir kecoa dan mengusir Mantan, maka buatlah Judulnya Alat Pengusir Nyamuk Kecoa dan Mantan.

Jadi semisal ada pembeli yang mengetik Alat Pengusir Nyamuk, maka produk akan ditemukan dalam pencarian kata tersebut, jika ngetiknya Alat Pengusir Kecoa, Produk temen-temen juga masih keluar dalam pencarian tersebut, begitu juga ketika pembeli mengetik Alat Pengusir mantan, maka produk dengan judul tersebut akan tetap ditemukan.

Jadi meskipun kita Mengupload / memposting 1 produk dengan satu Judul Alat Pengusir Nyamuk Kecoa dan Mantan, maka akan mendapatkan 3 kemungkinan ditemukannya pencarian produk pada Alat Pengusir Nyamuk, Alat Pengusir Kecoa dan Alat Pengusir Mantan.

Jika anda paham dengan Jantung sebuah produk maka anda sudah paham dengan apa yang namanya SEO , segitu dulu penjelasanya semoga dipahami, semoga bermanfaat buat temen-temen yang baru memulai atau yang ingin mengembangkan bisnisnya di marketplace.