Kemacetan Pasar Kanoman Cirebon

pasar_kanoman_cirebon

Pasar kanoman adalah pasar yang berdekatan dengan keraton kanoman, tapi bukan pasarnya dan keratonnya yang akan dibahas disini, tetapi soal kemacetan di jalan pasar kanoman

Kesal, adalah perasaan ketika melihat pengendara motor yang seenaknya sendiri memasuki jalan yang diperboden. jalan yang seharusnya satu arah namun ia dobrak tanpa memperhatikan peraturan lalulintas yang telah ditetapkan. hasilnya adalah kemacetanlah yang terjadi, seringnya ini dilakukan oleh kendaraan bermotor roda dua dan Becak.
pasar_kanoman_cirebon

Pemandangan ini sering terlihat ketika ingin memasuki pasar kanoman cirebon, saya pribadi sebenarnya merasa sangat dirugikan oleh pengendara tersebut karena waktu yang terbuang sia-sia dalam kemacetan, terlebih lagi dengan kondisi cuaca cirebon yang semakin panas bisa membuat kepala pusing dan kulit menjadi gosong, yah, sebenarnya bukan soal panasnya tetapi soal kerugian karena hilangnya waktulah yang lebih utama

Ta'at kalau dilihat adalah kenyataan yang harus dilumrahkan agar perasaaan kesal ini tidak begitu terasa mengaung-ngaung. sebab, jika emosi terus memeluki jiwa dalam kehidupan yang // indah ini maka keindahannya akan semakin terasa in d a h.

Entahlah, jika saya yang melakukan pelanggaran tersebut, mungkin saya akan merasa sangat berdosa dan bersalah, karena, berapa ratus orang pengguna jalan yang kesal karena kemacetan, berapa ratus orang yang rugi karena kehilangan waktu, apalagi kalau orang yang dirugikan tersebut adalah seorang pekerja, jika teralmbat mungkin akan terkena masalah yang lain-lain.

Tetapi mungkin mereka tidak pernah berfikir seperti apa yang saya pikirkan, dan mungkin mereka bahkan tidak merasa apa yang dilakukannya adalah sebuah masalah yang bukan hanya soal melanggar lalulintas saja, tetapi meliputi masalah yang lainnya juga termasuk berkaitan dengan masalah orang-orang disekitarnya.

Sebenarnya jika ada petugas lalulintas, hal tersebut tidak akan terjadi karena setiap pengguna jalan yang akan mendobrak perboden itu ketakutan ditilang atau dihentikan oleh petugas, dengan istilah ta’at kalau dilihat,  kata tersebut memiliki arti yang mendalam juga ya.

Tapi petugas lalulintas tidak sering terlihat di pasar kanoman tersebut, mungkin sebulan sekali atau mungkin 2 bulan sekali saya melihat petugas mengkondisikan situasi disitu. Entah mengapa tidak setiap hari berjaga disitu supaya jalanan disitu tidak mengalami pengendapan kendaraan atau kemacetan.

Sebagai pengguna jalan yang hanya berstatus rakyat jelata, mungkin hal-hal seperti ini hanya bisa disimpan dalam hati dan harus diselesaikan dengan penuh ketenangan dan kesabaran yang bersifat kepribadian. Menahan emosi dan mengasah ketajaman kesabaran adalah sesuatu yang harus dilakukan setiap kali saya menggunakan jalan raya.


Yah... ini bukan kota Jakarta, ini Kota Cirebon, mungkin kemacetan disini tidak seperti kemacetan yang ada di Jakarta yang katanya sangat mengerikan, dalam titik ini saya masih bersyukur soal masalah kemacetan dikota cirebon.

3 comments for "Kemacetan Pasar Kanoman Cirebon"

  1. saya jg paling males klo hrs ngalamin macet hanya gara2 ada pengguna jln yg ga tertib lalu lintas :(

    ReplyDelete
  2. Benar memang luar biasa ramenya pasar kanoman sehingga terjadi kemacetan yang membuat para pengendara kesal dan pula panas.

    Saya juga sering mondar mandir belanja di pasar kanoman, setiap kali ke pasar selalu macet .

    ReplyDelete
  3. Rata2 pasar2 di Indonesia memang macet...
    Disini apalagi kalau hari sabtu sama minggu...

    ReplyDelete