Nah INI! Yang Harus Diketahui Tentang MPASI

Apa sih MPASI itu ?

Pemberian MPASI atau makanan pendamping air susu Ibu harus dimulai saat Air Susu Ibu saja sudah tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, sehingga dibutuhkan makanan lain yang diberikan bersamaan dengan ASI.

Selama periode ini, bayi secara perlahan harus dilatih agar kelak dapat mengkonsumsi makanan umum keluarga.

Masa transisi dari Air Susu Ibu sampai kepada makanan keluarga ini terjadi saat bayi berusia sekitar 6 bulan sampai 23 bulan. Dan ini adalah masa yang sangat kritis untuk masa pertumbuhan dan perkembangan optimal untuk bayi.

Pertanyaannya adalah... Mengapa bayi harus diberi Makanan pendamping ?

Karena seiring pertambahan umur bayi, ia akan bertumbuh dan pergerakannya semakin aktif. Dan ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, MPASI dibutuhkan untuk mengisi kesenjangan antara kebutuhan nutrisi bayi yang dapat dipenuhi oleh Air Susu Ibu.

Kapan Sih?. MPASI harus Diberikan bayi?

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) harus diberikan bayi ketika Air Susu Ibu saja sudah tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisinya. Pada umumnya, ini terjadi saat bayi sudah memasuki antara bulan ke 4 sampai bulan ke 6. Pada usia ini, otot dan saraf bayi sudah mulai digunakan untuk makan dan bergerak.

Selain itu, pada usia ini, sistem saluran pencernaan bayi sudah cukup untuk menerima berbagai macam makanan. Dan menurut WHO dan IDAI, pemberian MPASI ini direkomendasikan diberikan pada saat bayi berusia 6 bulan.

Lalu... Bagaimana MPASI diberikan?

Menurut badan kesehatan dunia WHO, ada 4 strategi pemberian MPASI yang sangat baik, yaitu tepat waktu, Aman, Adekuat dan diberikan secara responsif.

Bagaimana cara Membuat MPASI ?

Nah.. beruntung sekali, pada kesempatan kali ini, my cirebon akan membahas dan membagikan beberapa Resep dan cara membuat Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau disingkat MPASI dari usia 6- 8 bulan, 9 - 11 bulan dan 12-23 bulan. 

Jadi, supaya tidak lupa dan postingan kami tidak hilang, jangan lupa KLIK tombol Share dibawah ini ya kak ðŸ˜˜ðŸ‘‡

Post a Comment for "Nah INI! Yang Harus Diketahui Tentang MPASI"