Aroma Khas Nasi Jamblang Kebanggaan Cirebon

Ketika berada di Cirebon, sangat disayangkan kalo nggak mencicipi nasi Jamblang. Nasi yang dibungkus dengan daun jati khas cirebon yang satu ini memiliki aroma khas yang keluar dari Nasinya. Yup akan sedikit penuh dengan pembahasan Rahasianya, karena memang inilah yang paling berksesan ketika memakan salah satu khas dari Cirebon.

1. Nasi / Beras
nasi jamblang khas cirebon

Sepirti pada umumnya Nasi/ Beras yang digunakan adalah yang dimakan sehari-hari oleh hampir semua orang indonesia, tidak ada campuran khusus dan Resep khusus yang dimasukan kedalam proses memasak Nasi. namun di jaman yang semakin maju terkadang ada beberapa pedagang yang menambahkan rempah khusus sehingga Nasi lebih gurih dan Enak di makan.

2. Daun Pohon Jati
nasi jamblang khas cirebon

Mungkin ini yang menjadikan Aroma Nasi Jamblang menjadi lebih menggugah selera, yup, daun jati menjadi sebuah baju yang tidak bisa dilepas ketika menyantap makanan tradisional khas cirebon. Selain Batang kayu dari pohon jati yang terkenal dengan kekuatannya, Daun nya pun telah menjadi bungkus yang spesial untuk menjadikan Nasi beraroma unik. dan ini terjadi semenjak jaman dimana saya belum lahir kedunia ini dengan ganteng hahaha.

3 Jamblang adalah nama Buah
nasi jamblang khas cirebon

Sejarah mengatakan bahwa penamaan jamblang terbentuk karena dulu para pedagang banyak menjumpai pohon jamblang di daerah tersebut. pohon yang kita tahu bahwa ini tidak ada hubungannya dengan daun jati. ada yang suka dengan buah jamblang ?. kalo nasi jamblang sudah coba kan ?

Mungkin dulu sebelum ada kertas pembungkus nasi seperti dijaman sekarang, selain menggunakan daun pisang sebagai bungkus, daun jati pun menjadi alternatif pembungkus makanan yang terbukti hingga sekarang justru menjadikan aroma dan citaras yang menjadi lebih Nikmat.

Post a Comment for "Aroma Khas Nasi Jamblang Kebanggaan Cirebon"